• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • ACARA: Ekspose Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) T.A. 2014, Tanggal 10 April 2014, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Asahan.--------------------------------------------------------------------
  • SELAMAT DATANG

    Ini bukan blog resmi Dinas Pertanian Kab. Asahan, tetapi merupakan salah satu media penyalur ide-ide positif-kreatif para jajarannya yang ingin menampilkan wajah Instansi kepada publik.

  • LEGALITAS

    Blog sederhana ini berisi informasi umum tentang pertanian serta pelaksanaan tugas kegiatan Dinas Pertanian Kab. Asahan, dan disajikan atas sepengetahuan pejabat berwenang.

  • HARAPAN

    Kami merasa sangat beruntung apabila anda berkenan menyampaikan kritik dan saran konstruktif yang selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan demi penyempurnaan blog ini di masa mendatang.

  • TERIMA KASIH

    Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga blog ini dapat hadir di hadapan anda.

DINAS PERTANIAN KABUPATEN ASAHAN

Jl. Jend. Gatot Subroto No. 268 - Sentang Telp./Fax. (0623) 41175 KISARAN - 21224
e-mail : pertanianasahan@gmail.com (confidential), pertanianasahan@yahoo.co.id (general)

Jumat, 20 April 2012

Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram



Budidaya jamur tiram saat ini mulai banyak dilirik para pelaku usaha/bisnis baik yang berskala kecil sekedar untuk tambah-tambah penghasilan maupun yang berskala besar sebagai industri budidaya jamur tiram. Seiring dengan semakin banyaknya pelaku usaha/bisnis yang terjun, secara tidak langsung juga menimbulkan permasalahan baru dari mengenai limbah budidaya jamur tiram,  terutama limbah baglog jamur tiram yang sudah habis masa tanamnya.

Sepertinya terjadi permasalahan yang berulang mengenai limbah, padahal budidaya jamur sebenarnya memanfaatkan limbah serbuk gergaji tapi setelah limbah tersebut termanfaatkan muncul limbah baru lagi.

Maka dalam posting kali ini saya mencoba untuk memberikan sedikit solusi pemanfaatan limbah jamur tiram terutama pemanfaatan limbah baglog-nya.

Pemanfaatan limbah baglog jamur tiram :

1.      Didaur ulang lagi sebagai media baglog.
Baglog yang sudah selesai/habis pakai masa tanamnya bisa dipakai lagi untuk pembuatan baglog baru meskipun hasil produksi jamur dari baglog tersebut nantinya akan sedikit berkurang (hanya mencapai sekitar 80 %nya) dibanding bila menggunakan serbuk gergaji baru. Tapi dapat mengurangi pembelian serbuk gergaji.
                                                                                                                                   
2.      Dibuat pupuk kompos
Limbah baglog jamur tiram dapat dijadikan pupuk kompos hanya dengan menambahkan EM4  dan bahan organik lain, maka sudah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang baik untuk tanaman. Dan kalau punya hubungan dengan penjual/distributor pupuk maka bisa sebagai hasil sampingan dari budidaya jamur tiram.

3.      Digunakan sebagai pakan ternak
Limbah baglog jamur mengandung nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh sapi perah, beberapa penelitian telah menunjukkan nilai nutrisi yang sangat tinggi untuk hewan ternak, dan dengan pengolahan lebih lanjut untuk meningkatkan selerah makan bagi sapi, pakan dari limbah log jamur merupakan solusi bagi masalah peternakan.  Limbah baglog dibuat pakan ternak dengan menambahkan tetes tebu dan bakteri pre-biotik yang berperan positif bagi ternak sapi.

4.      Digunakan sebagai bahan bakar dalam proses pengukusan
Jika tidak mau terlalu repot dan susah maka dibakar saja dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam pembuatan baglog. Tinggal di jemur dan setelah kering langsung bisa digunakan.

Berikut cara pembuatan pupuk kompos dari Limbah Baglog Jamur Tiram :

A.    Bahan-Bahan :
1.      Limbah Baglog  250 kg
2.      Kotoran ternak ayam, sapi  250 kg
3.      EM4 1 ltr
4.      Gula merah/gula pasir  ½ kg
5.      Air  secukupnya

B.     Alat yang digunakan :
1.      Cangkul
2.      Ember
3.      Gayung
4.      Gedek
5.      Plastik
6.      Mesin penghancur

C.     Cara membuatnya :
1.      Limbah baglog yang sudah disiapkan dihaluskan terlebih dahulu, setelah itu dicampur dengan kotoran ternak ayam dan sapi.
2.      Campurkan EM4 + gula kedalam air sesuai ukuran bahan, lalu semprotkan dengan pompa gendong/gembor secara merata (sambil diaduk)
3.      Simpan ditempat yang tidak terkena air lapisi dengan gedek atau plastik dan ditutup rapat dengan plastik. Bahan difermentasi selama 4-7 hari, setiap hari diperiksa suhunya jangan sampai melebihi 50 C, jika suhunya tinggi bahan diaduk sampai suhunya turun kembali.
4.      Setelah 4-7 hari difermentasi, pupuk kompos sudah siap digunakan.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai pemanfaatan limbah baglog jamur tiram. Semoga dapat menambah ilmu dan keterampilan bagi rekan-rekan yang akan membudidayakan jamur tiram.

ditulis oleh : SITI RUBIYAH, SP (Staf  Dinas Pertanian)

9 komentar:

  1. yang sederhana seperti ini sebenarnya yang malah banyak berguna, hanya saja baru sedikit orang yang menyedarinya..
    mampir yang Pak, tentang pertanian juga http://www.anakagronomy.com/

    BalasHapus
  2. mohon buat infonya

    hem yang saya tau komposisi limbah dari media jamur tersebut pada awal pembuatannya seperti tepung jagung, dedak, serbuk gergaji dan bahan lain-lainya.

    yang ingin saya tanyakn adalah kira2 setelah habis masah pakai media jamur tersebut terdapat kandungan apa saja ya?

    Mohon Infonya

    Terimakasi.

    wtheyuh91@gmail.com

    BalasHapus
  3. mantap ilmunya pak, trimakasih dan bagi2 ilmu mampir juga di blog kami http://www.inspirasipertanian.com/

    BalasHapus
  4. Saya memiliki banyak bekas log jamur tiram, kalo ada yg mmbutuhkan, hub nomor WA saya 085729681881..saya eko dari gedongsari jumo temanggung jawa tengah...saya juga punya stok urin kelinci...mohon saran dan kerjasamanya...trimakasih

    BalasHapus
  5. Saya memiliki banyak bekas log jamur tiram, kalo ada yg mmbutuhkan, hub nomor WA saya 085729681881..saya eko dari gedongsari jumo temanggung jawa tengah...saya juga punya stok urin kelinci...mohon saran dan kerjasamanya...trimakasih

    BalasHapus
  6. Saya memiliki banyak bekas log jamur tiram, kalo ada yg mmbutuhkan, hub nomor WA saya 085729681881..saya eko dari gedongsari jumo temanggung jawa tengah...saya juga punya stok urin kelinci...mohon saran dan kerjasamanya...trimakasih

    BalasHapus
  7. Informasi yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus